Apple Meminta Maaf Karena Perlambat Produk iPhone Lama

Jan - 09 2018 | By

Pihak Apple minta maaf sesudah dikritik karena mengakui dengan sengaja bahwa ia memperlambat kinerja sejumlah model iPhone seiring dengan bertambahnya umur telepon pintar itu perusahaan mengatakan bakal mengganti baterai yang saat ini mulai melambat dan bakal mengeluarkan piranti lunak pada tahun 2018 sehingga konsumen bisa memantau kondisi baterai telepon genggam tersebut.

Sengaja Memperlambat

Sejumlah konsumen sudah sejak lama menduga bahwa perusahaan memperlambat iPhone model lama untuk bisa mendorong para konsumennya mengganti dengan model yang baru. Pihak Apple pun mengakui bahwa mereka memang memperlambat sejumlah telepon dengan baterai karena ini masalah usia. Akan tetapi mereka juga mengatakan bahwa tindakan tersebut dilakukan guna “memperpanjang usia” perangkat itu.

Dalam sebuah pernyataan yang mana diunggah pada situsnya, perusahaan itu mengatakan bakal mengurangi harga penggantian baterai dari yang semula Rp. 1 juta menjadi Rp. 393.038 untuk iPhone 6 atau untuk model yang sudah terlebih dahulu dikeluarkan.

Apple pun mengatakan bahwa mereka bakal mendorong upaya untuk bisa “mengatasi masalah pelanggan”, guna mendapatkan kembali kepercayaan dan loyalitas siapa pun yang mungkin saja meragukan niat Apple. “Di Apple, kepercayaan konsumen adalah segalanya untuk kami. Kami tidak akan berhenti bekerja guna mendapatkan dan juga merawatnya. Kami akan bisa melakukan perkejaan yang kami cintai karena dukungan dan kepercayaan Anda. Dan kami tidak akan pernah melupakannya ataupun mengambil keuntungan togel hongkong darinya,” jelas pernyataan itu.

Perusahaan pasalnya sedang menghadapi 8 gugatan secara terpisah di Amerika Serikat terkait dengan masalah itu. dan mereka juga menghadapi tuntutan hukum lainnya di Perancis dan Israel.

Alasan Memperlambat

Di awal bulan ini, Apple mengaku bahwa mereka sengaja memperlambat sejumlah model iPhone dikarenakan usianya. Perusahaan tersebut mengatakan sudah mengubah sistem operasi IOS untuk mentaur baterai lithium-ion yang sudah lama karena performanya berkurang seiring dengan berjalannya waktu. “Kemampuan baterai lithium-ion berkurang di dalam hal memasok permintaa arus saat dalam kondisi yang dingin. Ketika mereka memiliki daya baterai lemah karena usianya terus juga bertambah yang bisa menyebabkan perangkat ini tiba-tiba saha mati untuk bisa melindungi komponen elektroniknya,” jelas Apple.

Berbagai macam alasan keamanan membuat perusahaan besar itu akhirnya memerintahkan Tim Cook, Kepala Eksekutif Apple, untuk menggunakan pesawat pribadi guna transportasi dan bisnis pribadi. Dan pada bulan November yang lalu, Apple pasalnya dipaksa untuk bisa memperbaiki masalah keamanan di dalam sistem operasi Mac yang mana memungkinkan guna mengakses perangkat tersebut tanpa menggunakan kata sandi.

Banjir Gugatan

Vendor berbasis Cupertino mengungkapkan bahwa Apple dinilai menipu konsumen-konsumennya dengan cara sengaja memperlambat perangkat iPhone yang lama tanpa ada peringatan lebih dulu.apple sendiri menyatakan bahwa update OS untuk iPhone 6, 6s, iPhone SE dan juga iPhone 7 sudah menjadi termasuk ‘fitur’ yang dinyatakan sebagai keamanan bacteria lithium ion tersebut.

Akan tetapi untuk ponsel yang dihargai lebih dari Rp. 10 juta tentu hal ini dianggap sangat mengganggu dan juga menyebalkan. Karena setelah setahun dipakai performa dari iPhone sudah sangat menurun drastic, menurut developer Geekbench, John Poole.

Banyak juga konsumen yang sependapat dengan John. Sehingga mereka mengajukan gugatan hukum itu pada Apple. Mereka menginginkan Apple member ganti rugi pada pengguna-pengguna iPhone yang kena dampaknya. Salah satu gugatannya menyebutkan bahwa kesalahan Apple di baterainya adalah tidak bisa menyesuaikan dengan update OS-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *