Ditangkap, Aktor Tio Pakusadewo Resmi Jadi Tersangka Narkoba

Dec - 28 2017 | By

Dunia artis kembali menuliskan noda kelam atas salah satu talenta terbaiknya yang terjerat narkoba. Setelah beberapa bulan lalu banyak selebritis muda yang terperosok ke lubang gelap obat-obatan terlarang, kini giliran aktor senior Tio Pakusadewo yang ditangkap jajaran Reserse Narkoba Polda Metro Jaya hari Selasa (19/12) malam.

 

Aktor berusia 54 tahun yang sukses meraih dua Piala Citra sepanjang kariernya itu ditangkap dalam kondisi sendirian di kediamannya, kawasan Ampera, Ragunan, Jakarta Selatan. Polisi turut mengamankan tiga bungkus sabu berjumlah 1,06 gram, bong, cangklong dan korek api gas. Seolah menyadari kelakuannya, Tio bersikap kooperatif kala diringkus kepolisian, seperti dilansir Detik.

 

Tanpa banyak perlawanan, Tio mengakui kesalahannya dan langsung menyerahkan barang bukti sabu yang dia pakai. Menurut AKBP Dony Alexander selaku Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Tio memang sudah lama jadi incaran polisi karena disebut telah memakai narkoba selama 10 tahun lamanya.

 

Terancam Lima Tahun Penjara

Dianggap sebagai seorang pengguna narkoba yang akut, rupanya Tio pernah berhenti mengonsumsi barang terlarang itu. Hanya saja Tio kembali tergoda buaian sabu saat kakinya mengalami cedera. “Jadi menurut pengakuannya, dia sudah sempat berhenti beberapa bulan yang lalu. Kemudian mengalami cedera pada kakinya, dia menggunakan kembali. Untuk menghilangkan rasa nyeri,” ungkap AKBP Audie Latuheru selaku Wadir Narkoba Polda Metro Jaya hari Jumat (22/12).

 

Setelah menjalani tes urine dan dinyatakan positif sabu, Tio pun langsung ditetapkan sebagai tersangka. Tio dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) lebih subsider Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang Narkotika. Menurut AKBP Audie, hal ini membuat Tio terancam pidana penjara selama lima tahun.

 

Dari kesaksiannya, Tio mengaku mendapatkan sabu dari seorang perempuan dengan inisial V. Hal ini membuat kepolisian memburu perempuan V itu. Untuk menetapkan vonis apakah Tio bakal direhabilitasi atau tidak, kepolisian akan menunggu hasil dari assessment. Atas apa yang dialami Tio, aktris Wulan Guritno pun menyuarakan kepeduliannya. Wulan berharap semoga Tio diperlakukan sebagai pesakitan, bukannya penjahat mengingat bahwa pengguna narkoba adalah seorang korban.

 

Tio Menyesal Pakai Sabu

Sutradara Angga Dwimas Sasongko langsung membesuk Tio di Polda Metro Jaya hari Jumat (22/12) dini hari. Pernah bekerja sama dengan Tio dalam film SURAT DARI PRAHA, Angga memilih tak banyak berkomentar kala diburu media.

 

Setelah dipastikan menjadi tersangka, Tio pun tidak berusaha menutupi diri saat digelandang kepolisian ke area jumpa pers dalam balutan busana oranye terpidana. “Saya bersalah dan menyesali apa yang sudah terjadi, sekaligus saya mengajak siapa pun yang masih menggunakan narkoba untuk segera berhenti. Saya adalah contoh, contoh yang tidak perlu diikuti dan tidak perlu diulangi lagi,” ungkap Tio secara lantang.

 

Pengacara Tio, Ronny Talapessy menyebutkan jika kliennya minta didoakan agar bisa segera sembuh dari ketergantungan narkoba. “Beliau sangat menyesal. Beliau mohon doa dan dukungan sehingga bisa kembali lagi berakting. Beliau akan menjalani semua proses yang berlangsung, beliau ini korban dewa poker dari jahatnya peredaran narkoba.”

 

Selain Tio, hingga akhir tahun 2017 ada belasan selebritis yang ditangkap. Mereka adalah Andhika The Titans, Ridho Rhoma, Iwa K, Sean Azad (putra Ayu Azhari), Ammar Zoni, Axel Matthew Thomas, Pretty Asmara, Tora Sudiro, Mieke Amalia, Ello, Gatot Brajamusti, Rio Reifan, Safitri Triesjaya Crespin.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *