Review Dan Synopsis Film Silariang: Cinta Yang (Tak) Direstui

Dec - 23 2017 | By

Film Silariang: Cinta Yang (Tak) Direstui adalah film besutan sutradara Wisnu Adi dan Kunun Nugroho dan akan tayang di tanggal 18 januari 2018. Karena itu bagi Anda pada penggemar film nasional jangan sampai ketinggalan film ini. Film Silariang mengishkan perjuangan cinta antara Yusuf dan Zulaikha yang diperankan oleh Bisma Karisma, mantan anggota boyband Smash serta Andania Suri. Keduanya tampil total pada film tersebut lengkap dengan dialek Makassar yang kental. Bagi Anda yang penasaran, inilah synopsis dan reviewnya bagi Anda.

 

Synopsis film Silariang: Cinta Yang (Tak) Direstui

Yusuf dan Zulaikha adalah pasangan kekasih yang saling menyayangi tetapi niat mereka untuk bersanding di pelaminan harus menemui rintangan lantaran orang tua Zulaikha tak menyetujui hubungan tersebut apalagi merestui rencana mereka. Puang Rabiah (Dewi Irawan) terus mengancam tak akan memberikan restu bermain poker online  kepada putrinya, bahkan saat ayah Yusuf, Pak Dirham (Muhary Wahyu Nurba) mengutus paman Yusuf untuk melamar Zulaikha, wanita tua tersebut tetap tak bergeming. Niat baik keluarga Yusuf yang ingin mempersatukan kedua keluarga bahkan ditolak mentah-mentah walaupun dengan kata-kata yang halus.

 

Adalah Puang Ridwan (Sese Lawing) yang menyatakan penolakan tersebut dengan sombong. Kakak Zulaikha, Zulfi (Cipta Perdana) yang sejatinya merasa iba melihat nasib adiknya juga tak mampu melawan kehendak ibunya. Akhirnya kedua sejoli tersebut harus menempuh jalan pintas yaitu silariang alias kawin lari yang tak hanya menentang keluarga besarnya, tetapi juga melawan adat. Bagi masyarakat suku Bugis – Makassar, kawin lari adalah sebuah aib luar biasa yang dapat merusak nama baik keluarga terutama bagi pihak keluarga si wanita.

 

Pada trailernya Anda dapat menyaksikan perjuangan Yusuf dan Zulaikha untuk bertahan hidup saat dalam pelarian yang membuat mereka menderita karena mendapat kecaman dan penghakiman dari masyarakat sekitar. Sementara orang tua Zulaikha sendiri berusaha mencari dan membawa pulang anaknya  dengan menyewa beberapa orang. Tak hanya menunjukkan kekayaan adat masyarakat Bugis, pada film ini Anda juga bisa melihat sendiri kecantikan panorama Sulawesi Selatan yang memang dieksplorasi dengan optimal.

 

Review film Silariang: Cinta Yang (Tak) Direstui

Tak hanya dirilis di tanah air, film Silariang ini juga akan diputar di Malaysia pada akhir tahun 2017. Film Silariang ini memang seolah menggambarkan masalah klasik kisah percintaan yang selalu terjadi mulai zaman dahulu hingga sekarang ini. Hal ini terutama menjadi permasalahan tersendiri di kalangan masyarakat Bugis Makassar. Wisnu Adi, sang sutradara menyatakan bahwa yang menjadi daya tarik dari film ini adalah kesederhanaan cerita, yaitu tentang cinta yang tak mendapat restu.

 

Realita ini masih banyak terjadi, cerita cinta yang menjadi begitu rumit dan pada akhirnya tak hanya tentang dua orang yang saling mencintai melainkan menyangkut bibit, bebet, bobot, sejarah keluarga, sosok orang tua, pernikahan siri, harta kekayaan dan lain-lain. Yang ingin diungkapkan pada film ini adalah intinya jangan menganggap bahwa persoalan dicintai dan mencintai itu adalah hal yang sederhana. Tema utama adat Bugis Makassar tersebut digambarkan dengan populer khas anak muda karena masih mewakili banyak pasangan yang cintanya tak berujung ke pelaminan karena tak direstui.

 

Yang tak kalah menarik dari film ini adalah original soundtrack-nya yang akan digarap oleh grup yang digawangi Fadly, Musikimia bertajuk Meski Kau Tak Ingin. Lagu tersebut telah diluncurkan dalam format album dengan judul  Intersisi di tahun lalu.

 

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *